Membangun Moralitas Bangsa Melalui Keteladanan Sebagai Solusi Krisis Multidimensi.

Tujuan penulisan karya tulis adalah untuk mengetahui potret moralitas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dewasa ini, untuk mengetahui urgensi  atau peranan moralitas dalam membangun peradaban bangsa, untuk mengetahui hubungan keteladanan dengan moralitas dan peranannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta untuk mengetahui langkah-langkah yang ditempuh dalam membangun moralitas bangsa melalui keteladanan.
Karya tulis ini bersifat deskriptif mengenai upaya membangun moralitas bangsa dengan keteladanan sebagai solusi krisis multidimensi. Obyek tulisan yaitu keteladanan yang merupakan faktor yang sangat penting  dalam membangun moralitas bangsa yang saat ini sangat terpuruk. Data diperoleh dari beberapa literatur seperti jurnal, majalah, buku-buku, internet serta berbagai referensi yang relevan dengan permasalahan yang ada. Metode penulisan dilakukan dengan menggunakan metode studi kepustakaan (library research) dengan mengumpulkan berbagai data selanjutnya menganalisis dan memilih yang sesuai dengan objek pembahasan.
Dari pembahasan karya tulis ini menyatakan bahwa terpuruknya bangsa Indonesia dengan multikrisis yang tak kunjung usai karena nilai agama dan moralitas tidak lagi menjadi acuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Berbagai fenomena terjadi di tengah masyarakat yang menimpa pelajar, mahasiswa, pejabat dan masyarakat luas seperti gaya hidup permesif, free sex, hedonis, berbagai tindak kekerasan, kriminalitas, budaya KKN dan berbagai fenomena sosial yang menyeruak di tengah-tengah kehidupan. Terjadinya krisis multidimensi berakar dari krisis  moral yang dialami oleh masyarakat Indonesia. Moralitas menjadi hal yang sangat urgen bagi bangsa Indonesia jika ingin keluar dari berbagai krisis dan membangun kembali moralitas bangsa yang terpuruk. Tanpa adanya ketegasan mengenai moral dan etika maka suatu bangsa hanya akan menunggu saat-saat kehancurannya. Usaha untuk memperbaiki moral bangsa bukanlah hal yang mudah, karena hal tersebut erat kaitannya dengan mental dan kepribadian yang telah rusak Untuk mengatasi krisis multidimensi di Indonesia maka solusi yang ditawarkan adalah keteladanan, yaitu tiap komponen bangsa berupaya secara optimal menjadi contoh yang baik bagi lingkungan sekitarnya. Moralitas dan keteladanan tidak dapat dipisahkan karena adalah mustahil hanya menyerukan moral secara verbalistik sementara tidak ada penegakan secara riil di tengah-tengah masyarakat. Disamping itu keteladanan adalah bagian dari tarikan nafas moralitas yang estafet dari generasi ke generasi.
Dalam membangun moralitas melalui keteladanan dilakukan dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Membangun moralitas bangsa kita yang terpuruk adalah dengan mewujudkan keteladanan seluruh komponen bangsa, mulai dari rakyat jelata, TNI sampai birokrat. Adapun langkah-langkah membangun moralitas bangsa dengan keteladanan antara lain: Penanaman moral melalui keteladanan di lingkungan keluarga sebagai tempat pertama dan utama penanaman nilai-nilai; Pembinaan nilai moral di sekolah yang tidak hanya secara verbal akan tetapi dalam bentuk keteladanan seluruh komponen sekolah terutama pendidik; aktualisasi keteladanan dari tokoh masyarakat serta aktualisasi keteladanan para pemimpin bangsa dalam sikap, perkataan, dan perbuatan. Akhirnya hanya dengan membangun moralitas bangsa maka bangsa Indonesia akan kembali dapat bangkit dan sejajar dengan bangsa lain yang ada di dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: